Setaun yang telah berlalu

setahun yang telah berlalu

Semoga tak terjadi lagi ....

September November 2017 bulan dimana tempat kelahiranku Pacitan menderita. Bencana terjadi dimana mana disana. Hal yang tak pernah terjadi sebelumya. Banyak jalan-rusak, rumah porak poranda dan korban jiwa. 

Ketika itu saya sedang berada di Surakarta, belum pulang karena urusan studi yang belum selesai. Banyak berita terjadi banjir dan bencana alam di berbagai kota. Tapi tak terbayang sedikitpun kotaku tercinta akan terkena bencana juga. 

Begitu mendengar kabar dari salah satu tetanggaku yang bekerja didaerah Surakarta saya shocked. Seakan tak percaya masa iya sih. Selama ini walau hujan sederas apapun tak pernah terjadi bencana yang sebesar ini. Begitu mendengar kabar tersebut saya segera menghubungi orang tua di kampung. Alhamdulillah semua baik baik saja. Rumah masih berdiri dengan kokoh.

Baca juga: Apa yang terjadi pada tahun 2017

Didukuh tempat saya tinggal, hampir 30% rumah penduduk terkena imbas bencana. Tidak bisa ditempati lagi dan harus pindah. Segala puji bagi Allah rumah saya baik baik saja. Terdapat sebuah perkebunan yang hilang karena longsong. Perkebunan yang cukup luas, hilang tertimbun tanah longsong. Banyak pohon kelapa yang entah kemana perginya. Ada sebuah batu besar yang bergeser tempat cukup jauh dari asalnya.

Cerita yang paling menyedihkan adalah malam ketika bencana terjadi. Semua warga bergegas menuju daerah yang dianggap aman. Orang tua, muda anak-anak dan segala usia saling membantu naik ketempat aman menerjang hujan deras dan banjir bandang dengan keyakinan selamat atau tak selamat semua diserahkan kepada Allh SWT.

2 comments


EmoticonEmoticon