Ikutan tes TOEFL dari Zambert Course

Ikutan tes TOEFL dari Zambert Course


So, kemarin, Minggu 25 November 2018 saya ikutan tes TOEFL yang diadakan oleh Zambert Course di FMIPA UNS. Saya ikutan tes ini karena biaya tesnya murmer, cuma 50k biaya pendaftaran dan kalau lulus ditambah 25k untuk pengambilan sertifikat. Padahal biasanya biaya tes TOEFL kurang lebih 50k.

Sebelum mengikuti tes, diadakan pelatihan terlebih dahulu. Disana diberikan informasi tentang bagaiman besok pas tes, penghitungan skor tes dan tips dan trik mengerjakan tes yang efektif. Sebenarnya saya ikutan tes ini cuma iseng karena lulus kuliah juga belum, jadi sertifikat belum terlalu saya butuhkan.  Saya kesana bersama teman saya yang begitu ingin mendapat sertifikat TOEFL. 

Singkat cerita kami datang tanggal 24 untuk pelatihan. Kok kelihatannya nggak jauh beda dengan tes TOEC yang pernah saya ikuti dikampus. Bedanya tes ini lebih banyak soalnya. Karena pelatihan begitu boring yaudah, saya dibelakang cuma main hape sambil ngobrol.

Tiba di hari H test ternyata benar kalau soal tes nya mirip-mirip tes TOEC di kampus. Dan btw audio listening di tes ini lebih jelas ketimbang audio di lab kampus saya. Waktu yang diberikan kalau saya kalkulasi sekitar 115 menit. Butuh waktu sekitar 100 menit bagi saya untuk menyelesaikan tes ini. Sisanya buat ngobrol dan ngoreksi kalo mau. 

Nah sekarangsaya tinggal nunggu hasil tes tiga hari kemudian, tepatnya Rabu 28 November 2018. Menurut saya sih saya lulus. Mudah mudahan lah ya, amiiinnn 

keyword:
tes toefl
test tofl
toefl test
toefl test
zambert course
aryprastiya


3 comments


EmoticonEmoticon