Tips tes TOEC 80%-90% lulus NO-NYONTEK NO-BOCORAN SOAL MURNI KARENA KEMAMPUANMU


pre-notes: Tips ini khusus untuk mahasiwa DEE UMS.


Kamu udah tes TOEC belum? Kalo belum buruan test. Udah? Tapi belum lulus? Kasihan dech loh? wkwkwk #peacefreiend. Sedikit cerita, saya sudah lulus dengan sekali tes, pinter kan, pinter kan #sombongmodeon. Stop bilang gue lagi menyombongkan diri. Harusnya lo penasaran, dan bertanya tanya...

Kok kamu bisa sih lulus sekali test... ???

Ya bisa lah seorang mahasiswa kaya gue mah pasti bisa, apa sih yang gak bisa wkwkw. Oke, oke  cukup pamernya. Ingat, stop judging book by the look. Artinya jangan nilai isi posting blog dari kata - kata opening nya. Lanjut ke isi postingan..

Gue dedikasikan postingan ini buat temen-temen yang belum dan yang failed dalam tesTOEC. Pertama, sebelum saya bercerita tentang tips panjang lebar tanamkanlah mindset dan sugesti dalam otakmu bahwa aku pasti lulus tes TOEC dan pause rasa MALAS dari dalam dirimu Kalo udah ini gue kasih tips yang insyaalah ampuh dengan presentase kelulusan 80% sampai 90%.

Tahap pertama : Persiapan sebelum tes

Kembali ke mantan

Stop nganggep kalau mantan selalu berbentuk manusia yang sering dipanggil pacar. Mantan yang gue maksud adalah mantan mata kuliah. Yaitu kuliah di semester dua dan tiga yaitu structure, reading 2 dan 3 dan writing 2 dan 3. Mungkin sekarang udh ganti nama karena konversi mata kuliah. Intinya makul tentang penggunaan verb, grammar, reading passage, basic sentence patter, error recognition, comparation dan sejenisnya. Karena tes TOEC materinya tentang itu. Jika kamu niat waktu seminggu sudah lebih dari cukup untu memahami materi itu.

Latihan simulasi TOEC

Nah kalo kamu udah mempelajari materi diatas, kini saatnya buat ngetest kemampuan. Pada punya hp semua kan? Nah cari aja di playstore atau appstore aplikasi TOEIC, atau bisa klik disini. Kita bisa mengulang-ulang test di aplikasi itu. Tipsnya jangan pernah melakukan pengulanagn audio pada bagian tes listening karena nanti nggak akan ada pengulangan di real testnya.

notes: korek kupingmu sebelum mulai test, biarkan curekmu lenyap

Tahap kedua : Ketika sedang test

Jangan stuck dengan satu soal

Jujur, pas sesi listening gue lemah dalam beberapa soal. Kalo kamu ngerasa sulit disoal satu, biarkan kosong dan segera move ke soal lain. Karena audionya gak bakalan diulangin. Jadi gunakanlah waktu dengan efektif. Untuk listening sesion saya selalu mengecek pertanyaan yang belum terjawab ketika adionya sedang narasi part berikutnya. Semisal part A nomor 1 - 10 dan kamu nggak bisa jawab no 7. Nah pas part A selesai kan ada prolog untuk part B, itulah waktuyang tepat untuk membukakembali soal nomortujuh tadi.Sebenernyaprolog itu tambahan waktu buat kita. Tanpa prolog pun harusnya kita udah tahu cara mengerjakan soalitu. 

Cari soal dengan bacaan terpendek dulu

Kenapa bukan yang termudah? Gini guys, kita nggak pernah tau mana sih soal yang mudah selain dengan membaca satu satu, ya nggak? Tapi kalau soal terpendek, kita bisa langsung tahu hanya dengan sekali lihat. Ini cukup menghemat waktu guys.

Baca optionnya dulu 

Ini cukup efektif buat hematwaktu. Kaau kamu baca text dulu baru option pasti nanti kamu bakal baca optionnya lagi. Sebenernya kita nggak perlu mbaca teks keseluruhan cukup yang dibutuhkan aja. Kita baca option dulu.Nah terus kita baca sampai ketemu apa yang ditulis dioption tadi lalu stop. Udah, kita nggak perlu ngelanjutin lagi.

Re-Check

Kalau kamu masih punya cukup waktu silakan re-check sampai kamu yakin dengan jawabanmu. Nggak perlu terburu buru keluar ruangan. Emang sih ini malesin buat nge-re-check. Tapi ini penting guys.

Tahap ketiga : Pasca Test

Pulang dan lupakan. Udah nggak usah dipikir lagi. Anggap test itu tak pernah terjadi. Nggak usah dijadikan bahan obrolan dengan teman. Yang ada kalo beda jawaban malah bikin kamu stress.


Jadi temen temen itulah beberapa tips dari saya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa sholat tetep berdoa dan berusaha Salam kebahagiaan dari your beloved friend Ary Prastiya Anjasmara. See you
Comments


EmoticonEmoticon